Langsung ke konten utama

Zenius, Situs Belajar Online Favorite Pelajar


Zenius merupakan start up dibidang pendidikan yang menyediakan platfrom e-learning. Zenius menghadirkan suatu trobosan baru bagi pelajar Indonesia dengan pembelajaran secara konsep dan menyenangkan berbasis multimedia.

Situs belajar online ini namanya sudah tidak asing lagi ditelinga para pelajar Indonesia. Keanggotaan zenius dapat diperoleh dari pendaftaran pada situs zenius.net, terbagi menjadi dua yaitu anggota reguler dan anggota premium, dimana anggota premium dapat secara leluasa mengeksplor video-video yang ada di situs tersebut.

Hasil gambar untuk zenius education


1. Sejarah Terbentuknya PT Zenius Education
Zenius mulai berdiri pada tahun 2004 yang didirikan oleh Sabda dan Medy Suharta. Sabda dan Medy pernah mengenyam pendidikan di Insitut Teknologi Bandung dengan Sabda pada jurusan Teknik Informatika dan Medy Suharta jurusan Teknik Elektro. Meski impian awal dari pendirian Zenius adalah menyediakan dokumentasi materi  dalam format digital yang akan disebarkan melalui website zenius.net, tetapi impian tersebut harus terganjal sejenak karena ketersediaan internet yang belum memadai di Indonesia pada saat itu.
Oleh karena itu, model bisnis awal dari zenius adalah dengan menyelenggarakan bimbel konvesional dan menjual CD yang berisi video rekaman pembelajaran. Strategi awal ini dipilih sebagai sarana membangun modal dan eksperimen untuk mendapatkan metode mengajar yang paling efektif. Strategi ini terus berjalan dari tahun 2004 sampai 2005.
Berkat respond positif yang diterima Zenius dari penjualan CD tersebut, akhirnya Zenius resmi berbentuk perusahaan PT Zenius Education pada tanggal 7 Juli 2007. Sejak saat itu, zenius mulai mengembangkan bisnisnya dengan berbagai macam konsep produk, seperti belajar online(zenius.net), pembelajaran dalam set CD, serta forum belajar. Website zenius.net yang konsepnya sudah dirumuskan sejak tahun 2004, baru mulai beroperasi pada 22 April 2010 dan benar-benar efektif digunakan pada tahun 2011-2012.
Saat ini, zenius sudah memiliki lebih dari 7.000 anggota premium dan lebih dari 150.000 anggota reguler. Zenius memiliki lebih dari 33.000 video materi pembelajaran yang telah ditonton lebih dari 30 juta kali dan 1.500 modul latihan soal yang telah diunggah pada websitenya sebanyak 2,7 juta kali. Zenius sendiri menyediakan video dan modul belajar dari tingkat SD sampai SMA.

2. Jangkauan Zenius di Indonesia
Jangakaua dari persebaran zenius di Indonesia dapat dilihat dari beberapa tolak ukur, diantaranya traffic kunjungan ke zenius.net, persebaran jaringan reseller, distributor, dan outlet resmi zenius dan persebaran geografis pengguna zenius.net

Traffic Kunjungan ke Zenius.net
Sampai dengan Juni 2017, kunjungan / visits ke website zenius.net sejak pertama kali launching adalah 44.289.309 kunjungan, dengan grafik persebaran setiap tahun ajaran sebagai berikut:


zenius.net visits dari 2011-12 s.d. 2016-17


Persebaran jaringan reseller, distributor, dan outlet resmi zenius
Untuk menjangkau lebih banyak pengguna, zenius tidak hanya mengandalkan proses transaksi online maupun pembayaran via minimarket seperti Indomaret, tapi juga dengan bantuan pihak distributor, reseller, dan outlet resmi yang tersebar di seluruh Indonesia.


Persebaran Reseller

Berikut adalah persebaran jaringan whole zenius di berbagai provinsi di Indonesia.




Persebaran geografis pengguna zenius.net
Sampai dengan Juli 2017, pengguna zenius.net telah tersebar ke lebih dari 104 Kota dan telah menjangkau seluruh 34 Provinsi di Indonesia. Data ini diperoleh dari data anggota online yang menggunakan Zenius.


3. Pencapaian Zenius
Sepanjang tahun 2013 hingga penghujung 2014 zenius berhasil mendapatkan penghasilan sekitar 5,8 Miliar.

Pada 16-20 Maret 2015, Zenius Education menjadi satu di antara 12 perusahaan yang mewakili Indonesia dalam acara CeBIT 2015, sebuah pameran teknologi terbesar di dunia yang diselenggarakan setiap tahun di Jerman.

Tahun 2016-2017 pendapatannya mencapai US$1 Juta dengan perkembangan traffic zenius dapat mecapai 100% pertahun.

4. Strategi Bisnis Zenius

Menurut Wisnu, CEO dari zenius yang merupakan adik dari pendiri zenius, sabda. Kesuksesan Zenius dibangun berdasarkan empat strategi bisnis, yaitu :

Fokus pada konten yang berbasis konsep
Zenius menyediakan materi pembelajaran berupa multimedia baik CD maupun DVD dengan konten yang menitikberatkan kepada konsep materi. Misalkan, ketika membahas soal Matematika, Zenius tidak hanya menjelaskan bagaimana proses pengerjaan soal, melainkan juga konsep dasar mengapa proses itu bisa terjadi.


Memanfaatkan blog sebagai sarana untuk menyampaikan value perusahaan
Tujuan didirikannya Zenius yaitu supaya para pelajar di Indonesia bisa merasakan bahwa belajar merupakan sebuah aktivitas yang menyenangkan. Agar para pengguna Zenius mudah mencerna value perusahaan tersebut, maka penyampaian kontennya menggunakan bahasa sehari-hari yang akrab untuk berkomunikasi.

Berkolaborasi dengan mitra yang sudah memiliki reputasi dalam bidang pendidikan serta memiliki jaringan luas.
Hingga saat ini, Zenius memiliki 20 outlet resmi yang terletak di beberapa toko buku Gramedia di berbagai kota besar di Indonesia. Selain itu Zenius juga berkolaborasi dengan bimbingan belajar Sony Sugema College (SSC) dalam mengoperasikan bisnis bimbelnya sendiri yaitu Zenius-X.

Melakukan proses marketing yang berfokus mengedukasi pasar, bukan semata-mata menjual produk.
Di dalam semua divisi bisnis Zenius termasuk tim marketing sekalipun wajib memiliki kompetensi inti yaitu harus bisa mengajar. Berdasarkan alasan ini pula, upaya marketing Zenius lebih berfokus mengedukasi pengguna mengenai manfaat produk agar pengguna lebih kritis sebelum membeli



Sumber :
1. 10 Tahun Zenius Education
2. Strategi bisnis Zenius
3. Langkah Jenius Bimbel Online Zenius

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Membuat Game 'Flappy Bird' dengan Unity

Pada Mata Kuliah Pengenalan Teknologi dan New Media ini saya beserta kelompok saya membuat sebuah game dengan aplikasi Unity.Mungkin para pembaca masih belum tahu aplikasi seperti apakah unity itu.Nah kira-kira seperti inilah gambaran dari tampilan unity,unity adalah aplikasi game development tool high-end yang mendukung GUI.Tidak ada konflik pada alur kerja, adanya fitur top-of-the-line untuk grafik yang diperluas, efek partikel yang menakjubkan, scripting yang dioptimalkan, dukungan Ageia physX Engine, karakter animasi dan ragdolls, dan kelebihan untuk membuat standalone game untuk Mac dan Windows Nah pada kesempatan ini saya dan tim mebuat game yang sempat populer,mungkin pembaca disini pernah memainkannya atau bahkan kecanduan dengan game ini,game tersebut adalah 'Flappy Bird'.Namun karena saya yang tidak terlalu mahir dalam bermain game ini dan selalu kalah,sulit sekali untuk mengumpulkan score,maka game inipun saya beri nama dengan game 'Impossible Bird'haha

Belajar Membuat Web dengan Freecodecamp (Pengenalan)

Hallo teman-teman jadi gini langsung aja ya gausah basa basi deh kita jujur-jujuran aja ya disini gausah ada yang ditutpin lagi ku sudah lelah.    Halah Ok jadi saya sekarang akan mulai menulis tentang topik yang lumayan bermanfaat nih dibandingkan topik-topik gajelas saya sebelumnya.saya akan membahas cara membuat web yang saya pelajarin dari freecodecamp. Tujuan Jadi tujuan dari penulisan ini adalah supaya saya gak lupa tentang materi-materi yang ada di freecodecamp ini,selain itu mungkin penulisan ini nantinya bisa berguna buat temen-temen yang mau belajar bikin web juga hehe :D Apa itu Freecodecamp? Nah...jadi kalo ada yang belum tahu frecodecamp yang dari tadi saya bilang itu apa,langsung aja cek webnya disini! Freecodecamp sendiri adalah sebuah web yang akan membantu kita kalo kita mau belajar membuat web,sejauh yang saya pelajarin web ini bagus dan mudah dimengerti terutama untuk orang awam yang belum terlalu familiar dengan coding . Metode Belajar Untuk metode

Apa Itu Research Gate?

Belum lama ini saya mendapatkan tugas dari dosen saya,tugasnya adalah meninjau lebih jauh tentang sebuah web,nama webnya adalah research gate,kalo yang mau lihat blognya bisa klik link ini  Research Gate . Setelah itu saya browsing lebih jauh mengenai research gate,apasih research gate itu? Dari beberapa sumber,saya menemukan bahwa research gate ini keren banget,karena di website ini peneliti dari penjuru dunia dapat mempublikasikan seputar penelitiannya dengan cara meng-uploadnya pada web ini.jadi di web ini kita bisa dapet jurnal-jurnal dan ilmu pengetahuan lainnya secara gratis. Research Gate ini juga menyediakan statistik mengenai jumlah paper kita yang didownload,web ini juga memfasilitasi usernya untuk terhubung dan berkolaborasi dengan user lain di bidang yang sama. Saya jadi penasaran tentang web ini,maka saya mencoba untuk join,berhubung join ke web ini  juga free.Jadi langkah pertama adalah kita bisa mendaftarkan diri dengan memasukan nama,alamat email dari kampus/