Langsung ke konten utama

Membuat Game 'Flappy Bird' dengan Unity

Pada Mata Kuliah Pengenalan Teknologi dan New Media ini saya beserta kelompok saya membuat sebuah game dengan aplikasi Unity.Mungkin para pembaca masih belum tahu aplikasi seperti apakah unity itu.Nah kira-kira seperti inilah gambaran dari tampilan unity,unity adalah aplikasi game development tool high-end yang mendukung GUI.Tidak ada konflik pada alur kerja, adanya fitur top-of-the-line untuk grafik yang diperluas, efek partikel yang menakjubkan, scripting yang dioptimalkan, dukungan Ageia physX Engine, karakter animasi dan ragdolls, dan kelebihan untuk membuat standalone game untuk Mac dan Windows

Nah pada kesempatan ini saya dan tim mebuat game yang sempat populer,mungkin pembaca disini pernah memainkannya atau bahkan kecanduan dengan game ini,game tersebut adalah 'Flappy Bird'.Namun karena saya yang tidak terlalu mahir dalam bermain game ini dan selalu kalah,sulit sekali untuk mengumpulkan score,maka game inipun saya beri nama dengan game 'Impossible Bird'hahaa.Oke untung lebih lengapnya cara pembuatan game,pembaca bisa melihat langkah-langkah pembuatan game ini....

1. Sebelum menginstall Unity, kamu harus mendaftar di www.unity.com untuk mendapatkan lisensi penggunaan program Unity.
2. Setelah kamu sudah terdaftar, maka kamu dapat mengunduh Unity versi 5 terbaru di bagian download kemudian menginstallnya di komputer kamu.
3. Untuk menjalankan Unity, klik icon program unity yang ada pada desktop seperti gambar dibawah ini:
4.    Kemudian akan muncul tampilan seperti pada gambar dibawah:




5.    Klik New Project kemudian beri nama project kamu dengan “Game 2D”. Pastikan untuk memilih mode 2D. Klik next hingga tampil menu tampilan awal seperti gambar berikut:
6.   Atur tampilan unity kamu seperti gambar diatas dengan memilih layouts > Wide. Kemudian di tab project (pojok kiri bawah), buatlah beberapa folder baru dibawah folder Asset (lihat gambar) antara lain Audio, Font, Prefab, Scene, Script, dan Sprite:
Sebelumnya ada beberapa objek yang harus kita masukan kedalam folder asset Script,diantaranya yaitu gambar background,objek burung,pipa dan lantai yang bergerak.

7. Kemudian download file sprite di link berikut (*link) dan masukkan seluruh file sprite ke dalam folder “Sprite”. Susun gambar dengan menggunakan file-file tersebut seperti pada gambar dibawah ini:

8. Atur layar utama (kamera) dengan cara memilih tab “game” kemudian pilih menu tambah dan setting layar dengan ukuran “500x800”px seperti gambar dibawah ini:


9.  Klik Objek player pada hirarki di menu sebelah kiri (dalam tutorial ini kita menggunakan objek berupa gambar burung) sehingga tab inspector di menu sebelah kanan terfokus pada objek yang kita pilih.


10. Kemudian pilih “add component” kemudian arahkan kursor pada “Physic 2D>RigidBody2D” sehingga komponen RigidBody2D menjadi bagian dari Objek. Biarkan settingan rigidbody2D dalam settingan default.
               
11.    Pada tahapan ini, kita dapat melihat bahwa Objek burung sudah dapat bergerak sesuai dengan gravitasi.
12.    Setelah selesai memasukkan RigidBody2D ke dalam Objek, kita dapat menambahkan skrip program yang berguna untuk membuat Objek memantul ketika tombol mouse kiri di klik. Buat skrip baru dengan nama “Bird Controller” seperti gambar dibawah ini: dan masukkan kode skrip berikut:

13.Setelah skrip dibuat, maka masukkan kode berikut ini pada skrip “BirdController”:


14.  Sekarang, kita akan membuat rintangan berupa pipa-pipa yang ada di folder Sprite yang telah kita susun sebelumnya sebanyak 2 pipa. Kemudian atur posisi X dan Y masing-masing pipa (klik masing-masing pipa, kemudian atur posisi X dan Y di tab inspector)  sehingga tersusun seperti gambar dibawah ini:
15. Kemudian gabungkan kedua gambar pipa tersebut sehingga menjadi satu Objek baru yang kita beri nama “pipe” dengan klik “Create Empty” kemudian ganti nama “GameObject” menjadi “Pipe” dan pindahkan sprite_17_0 dan sprite_17_1 ke dalam pipe dengan cara drag gambar ke pipe tersebut. Lihat gambar dibawah ini:

   

16. Setelah itu kita perlu menambahkan objek baru yang diikutsertakan dalam objek “pipe” tersebut yang bertujuan untuk penambahan skor (lihat gambar):


17.   Drag gameobject yang kita buat hingga posisinya berada dalam object Pipe


18. Tambahkan komponen RigidBody2D pada Objek “pipe” dan centang bagian “isKinematic”. Kemudian buat skrip baru dengan nama “PipeMove”, dan isikan kode berikut kedalam skrip tersebut:


19.    Pindahkan posisi pipa ke sebelah kanan kamera hingga keluar dari kotak batas pada kamera. Kemudian, drag skrip “PipeMove” ke Inspector milik Objek “pipe”, dan ubah velocity X dari -4 menjadi -1.

20.Setelah itu, kita akan memindahkan Objek pipe tersebut menjadi child, dengan cara memasukkannya kedalam prefab yang diberi nama “pipe”. Klik folder prefab, kemudian klik kanan dan pilih menu create>prefab. Lalu drag Objek pipe kedalam folder prefab. Perlu diingat bahwa Objek pipe yang ada di hirarki harus dihapus setelah prefab dibuat.

21. Kemudian klik prefab “pipe” dan tambahkan “polygon collider” kedalam 2 object prefab tersebut.

22.   Buat game objek baru dengan nama script hingga tampil di tab hirarki. Kemudian kita membuat skrip baru dengan nama Generate dan masukkan kode sebagai berikut:

23.  Setelah itu drag skrip yang kita buat tadi kedalam Objek skrip yang di hirarki. Klik Objek skrip, dan pada bagian Generate(script), drag prefab “pipe” ke bagian “pipe” yang nilai sebelumnya adalah “None”.
  


24.  Kemudian kita berpindah pada bagian alas dari game. Dalam alas ini, kita harus menambahkan RigidBody2D, Box Collider, dan merubah posisi Z pada kolom Transform menjadi -1.
     Untuk membuat alas tersebut bergerak, kita harus membuat skrip baru berjudul “FloorMove” dan        menambahkan kode sebagai berikut:
25.    Terakhir kita akan menambahkan skrip yang akan menampilkan score.
26.    Untuk menampilkan score di dalam game yang kita buat, pertama-tama kita menambahkan Text UI dengan cara klik GameObject pada menubar, kemudian pilih UI>Text, sehingga akan tampil Canvas dan EventSystem pada hirarki. Text score akan muncul pada Scene dengan ukuran yang sangat besar, hal ini tidak mempengaruhi tampilan text pada game. Atur posisi text tersebut sesuai dengan yang kita inginkan (lihat gambar berikut):
  

27.Text score akan muncul pada Scene dengan ukuran yang sangat besar, hal ini tidak mempengaruhi tampilan text pada game. Atur posisi text tersebut sesuai dengan yang kita inginkan (lihat gambar berikut):Catatan: Jangan lupa ubah tulisan New Text diatas menjadi 0 (nol).

28.Kemudian kita berpindah ke prefab dan klik game Objek yang tadi kita buat didalam objek pipe. Add component pada objek tersebut berupa Box Collider 2D dan centang "is tigger" pada kolom Box Colllider 2D tersebut.

29.Terakhir kita harus membuat skrip berjudul "Score"yang akan memanipulasi score ketika objek burung melewati pipa (menyentuh objek diantara 2 pipa). Berikut isi kode skrip score:
30. Selamat ! ! kamu telah berhasil membuat projek “Game2D” dengan menggunakan Unity dan siap di compile menjadi Exe. Proses dan tahapan compile akan dibahas pada postingan berikutnya.


Game Impossible Bird sudah bisa dimainkan.Selamat Mencoba!


































Komentar

Postingan populer dari blog ini

Zenius, Situs Belajar Online Favorite Pelajar

Zenius merupakan start up dibidang pendidikan yang menyediakan platfrom e-learning. Zenius menghadirkan suatu trobosan baru bagi pelajar Indonesia dengan pembelajaran secara konsep dan menyenangkan berbasis multimedia. Situs belajar online ini namanya sudah tidak asing lagi ditelinga para pelajar Indonesia. Keanggotaan zenius dapat diperoleh dari pendaftaran pada situs zenius.net, terbagi menjadi dua yaitu anggota reguler dan anggota premium, dimana anggota premium dapat secara leluasa mengeksplor video-video yang ada di situs tersebut. 1. Sejarah Terbentuknya PT Zenius Education Zenius mulai berdiri pada tahun 2004 yang didirikan oleh Sabda dan Medy Suharta. Sabda dan Medy pernah mengenyam pendidikan di Insitut Teknologi Bandung dengan Sabda pada jurusan Teknik Informatika dan Medy Suharta jurusan Teknik Elektro. Meski impian awal dari pendirian Zenius adalah menyediakan dokumentasi materi  dalam format digital yang akan disebarkan melalui website zenius.net, tetapi imp

Belajar Membuat Web dengan Freecodecamp (Pengenalan)

Hallo teman-teman jadi gini langsung aja ya gausah basa basi deh kita jujur-jujuran aja ya disini gausah ada yang ditutpin lagi ku sudah lelah.    Halah Ok jadi saya sekarang akan mulai menulis tentang topik yang lumayan bermanfaat nih dibandingkan topik-topik gajelas saya sebelumnya.saya akan membahas cara membuat web yang saya pelajarin dari freecodecamp. Tujuan Jadi tujuan dari penulisan ini adalah supaya saya gak lupa tentang materi-materi yang ada di freecodecamp ini,selain itu mungkin penulisan ini nantinya bisa berguna buat temen-temen yang mau belajar bikin web juga hehe :D Apa itu Freecodecamp? Nah...jadi kalo ada yang belum tahu frecodecamp yang dari tadi saya bilang itu apa,langsung aja cek webnya disini! Freecodecamp sendiri adalah sebuah web yang akan membantu kita kalo kita mau belajar membuat web,sejauh yang saya pelajarin web ini bagus dan mudah dimengerti terutama untuk orang awam yang belum terlalu familiar dengan coding . Metode Belajar Untuk metode

Apa Itu Research Gate?

Belum lama ini saya mendapatkan tugas dari dosen saya,tugasnya adalah meninjau lebih jauh tentang sebuah web,nama webnya adalah research gate,kalo yang mau lihat blognya bisa klik link ini  Research Gate . Setelah itu saya browsing lebih jauh mengenai research gate,apasih research gate itu? Dari beberapa sumber,saya menemukan bahwa research gate ini keren banget,karena di website ini peneliti dari penjuru dunia dapat mempublikasikan seputar penelitiannya dengan cara meng-uploadnya pada web ini.jadi di web ini kita bisa dapet jurnal-jurnal dan ilmu pengetahuan lainnya secara gratis. Research Gate ini juga menyediakan statistik mengenai jumlah paper kita yang didownload,web ini juga memfasilitasi usernya untuk terhubung dan berkolaborasi dengan user lain di bidang yang sama. Saya jadi penasaran tentang web ini,maka saya mencoba untuk join,berhubung join ke web ini  juga free.Jadi langkah pertama adalah kita bisa mendaftarkan diri dengan memasukan nama,alamat email dari kampus/