Langsung ke konten utama

Belajar Membuat Web dengan Freecodecamp (Bagian 1 - HTML5 & CSS)

Hallo,jadi sesuai yang saya tulis di post sebelumnya kalo saya mau bikin artikel tentang membuat web dengan freecodecamp.Langsung aja yuk kita mulai belajar :)

MAP
Jadi metode Pembelajarannya akan dibagi ke dalam bab-bab misalnya bab html dan css,bab bootstrap,jquery dan lain sebagainya.


Disini Bab utamanya yaitu pembuatan layout web atau front end development,pengaturan data,serta back end development.Nah didalam setiap bab tersebut akan ada lagi sub babnya yang nantinya akan kita pelajari satu persatu.

Pengenalan dari free code camp


Berikut adalah materi-materi yang akan kita pelajari nantinya dalam pembuatan front end pada web

Nah langsung saja,pada bagian 1 post saya,akan membahas tentang HTML5 dan CSS

HTML5 dan CSS

Pada Pembahasan ini saya akan mengambil dan menjelaskan secara umumnya saja dan pada bagian-bagian pentingnya saja.

Sebelumnya HTML5 adalah untuk memperbaiki teknologi HTML agar mendukung teknologi multimedia terbaru, mudah dibaca oleh manusia dan juga mudah dimengerti oleh mesin.HTML sendiri berisi perintah-perintah yang telah terstruktur berupa tag-tag  dasar penyusun suatu web.

Sedangkan CSS adalah kode pemrograman yang bertujuan untuk menghias dan mengatur tampilan pada layout.

1.Say Hello to HTML Elements 

Setiap elemen pada HTML mempunyai tag pembuka dan tag penutup.
Tag pembuka terlihat seperti ini : <h1>
Tag penutup terlihat seperti ini : </h1>

2.Headline with the h2 Element 


h2 elemen akan memberitahu browser tentang struktur dalam website anda.Bila h1 elemen sering digunakan untuk judul utama,maka h2 elemen umunya digunakan untuk sub dari judul.
Ada juga h3,h4,h5,h6 elemen untuk menunjukan perbedaan dan sesi baru.
Jika kita menggunakan ini pada tulisan maka size tulisan akan berbeda-beda,seperti contoh dibawah ini.


3.Inform with the Paragraph Element 




Elemen p adalah elemen yang paling sering digunakan untuk membuat tulisan dalam ukuran normal dalam suatu paragraf.P adalah kependekan dari "paragraph".
anda bisa membuat elemen p dengan seperti ini : <p>I'm a p tag!</p>

4.Uncomment HTML 



Memberi komen dapat dilakukan pada kodingan anda tanpa mempengaruhi kode itu sendiri.Jadi komen yang kita tulis nantinya tidak akan merubah output dari syntax yang ada.

Memberi komen juga merupakan langkah yang tepat untuk menonaktifkan kode tanpa harus menghapus kode tersebut.

anda dapat memulai komen dengan syntax ini : <!-- 
dan mengakhiri komen dengan syntax ini : -->

5.Comment out HTML


Ingat bahwa untuk memulai sebuah komen kita perlu menggunakan <!--  dan mengakhirinya dengan -->
Pada contoh diatas misalnya kita ingin membuat komen pada h1 dan p,maka komen yang kita tulis akan berubah warnanya yang berarti syntax tersebut tidak akan ditampilkan karena hanya sebuah komen yang tidak dieksekusi.
Sedangkan h2 akan tetap ditampilkan karena tidak diberi tag komen dan merupakan syntax yang akan dieksekusi.
6.Change the Color of Text 


Sekarang kita coba mengganti warna dari beberapa text.Kita dapat melakukan ini dengan mengganti style pada suatu elemen.

Style yang bertanggung jawab dalam perubahan warna pada text suatu elemen adalah "color" style.
Pada contoh diatas adalah ketika kita mengatur warna pada elemen h2 dengan warna merah,maka syntaxnya adalah: <h2 style="color :red">CatPhotoApp</h2>

7.Use CSS Selectors to Style Elements

Bila tadi kita mengganti warna masih dengan kode html5,sekarang kita akan mencobanya dengan cara lain,yaitu dengan menggunakan CSS.
Dengan CSS akan ada ratusan CSS properti yang bisa anda gunakan untuk mendekorasi halaman pada web anda.Maka fungsi dari CSS adalah untuk memperindah web anda.
Ketika anda mengetikan<h2 style="color: red">CatPhotoApp</h2>, anda memberikan elemen h2 sebagai individu style perbarisnya.you were giving that individual h2 element an inline style.
Walaupun itu merupakan salah satu jalan yang digunakan untuk membuat suatu style pada elemen anda,tetapi akan lebih baik bila anda menggunakan CSS,yang merupakan kepanjangan dari cascading style sheets.
Caranya dengan menuliskan pada bagian atas kode anda dengan syntax berikut : 
<style>
</style>

Didalam style element tersebut anda dapat membuat Css selector untuk semua element,misalnya untuk semua elemen h2.Contohnya bila anda menginginkan elemen h2 berwarna merah,maka elemen dari style anda akan seperti ini :

<style>
  h2 {color: blue;}
</style>
Merupakan contoh dari CSS Selector,tidak reusable karena hanya bekerja pada element html yang dipilih untuk diberikan style saja.
Catatan: Ini penting untuk memiliki kurung buka dan kurung tutup kurawal disekitar setiap elemen style.Anda juga harus memperhatikan bahwa element stylenya berada diantara pembuka dan penutup tag style.Dan terakhir pastikan tambahkan titik koma pada setiap akhir element style.
8.Use a CSS Class to Style an Element


Bila sebelumnya saya membahas tentang CSS selector,maka sekarang saya membahas CSS class,dimana Class-class yang ada merupakan reusable style,atau style yang bisa digunakan berulang-ulang yang dapat kita tambahakan pada element HTML.
Ini merupakan contoh dari pendeklarasian CSS class :
<style>
  .red-text {
    color: red;
  }
</style>
Dsini kita dapat membuat CSS class yang bernama blue-text dengan tag <style>.
Anda dapat mengaplikasikan class css pada HTML element seperti ini:
 <class="nama-class">
<h2 class="blue-text">CatPhotoApp</h2>
Catatan : didalam penamaan CSS Class,class harus dimulai dengan titik.Sedangkan untuk pemanggilan class didalam HTML tidak perlu menggunakan titik.
Syntax diatas akan menghasilkan warna merah pada element HTML h2,pada elemen h2 class pada CSSnya dipanggil.

9.Style Multiple Elements with a CSS Class


Ingat bila anda dapat meletakan class CSS pada HTML dengan memanggilnya dengan class="your-class-here"
Ingat bila penamaan CSS Class harus dimulai denga titik seperti dibawah ini :
.blue-text {
  color: blue;
}
Namun pada pemanggilannya dalam HTML tidak memerlukan titik:
<h2 class="blue-text">CatPhotoApp</h2>
Karena CSS class reusable maka kita bisa menggunakannya pada element HTML yang kita inginkan dengan hanya memanggil class tersebut saja.
Contoh diatas kita menggunakan class red-text pada elemen h2 dan p.
Sekian postingan dari saya untuk Bagian 1 ini,semoga bisa bermanfaat untuk pembaca sekalian :)
SEE YOU ON THE NEXT POST


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Membuat Game 'Flappy Bird' dengan Unity

Pada Mata Kuliah Pengenalan Teknologi dan New Media ini saya beserta kelompok saya membuat sebuah game dengan aplikasi Unity.Mungkin para pembaca masih belum tahu aplikasi seperti apakah unity itu.Nah kira-kira seperti inilah gambaran dari tampilan unity,unity adalah aplikasi game development tool high-end yang mendukung GUI.Tidak ada konflik pada alur kerja, adanya fitur top-of-the-line untuk grafik yang diperluas, efek partikel yang menakjubkan, scripting yang dioptimalkan, dukungan Ageia physX Engine, karakter animasi dan ragdolls, dan kelebihan untuk membuat standalone game untuk Mac dan Windows Nah pada kesempatan ini saya dan tim mebuat game yang sempat populer,mungkin pembaca disini pernah memainkannya atau bahkan kecanduan dengan game ini,game tersebut adalah 'Flappy Bird'.Namun karena saya yang tidak terlalu mahir dalam bermain game ini dan selalu kalah,sulit sekali untuk mengumpulkan score,maka game inipun saya beri nama dengan game 'Impossible Bird'haha

Zenius, Situs Belajar Online Favorite Pelajar

Zenius merupakan start up dibidang pendidikan yang menyediakan platfrom e-learning. Zenius menghadirkan suatu trobosan baru bagi pelajar Indonesia dengan pembelajaran secara konsep dan menyenangkan berbasis multimedia. Situs belajar online ini namanya sudah tidak asing lagi ditelinga para pelajar Indonesia. Keanggotaan zenius dapat diperoleh dari pendaftaran pada situs zenius.net, terbagi menjadi dua yaitu anggota reguler dan anggota premium, dimana anggota premium dapat secara leluasa mengeksplor video-video yang ada di situs tersebut. 1. Sejarah Terbentuknya PT Zenius Education Zenius mulai berdiri pada tahun 2004 yang didirikan oleh Sabda dan Medy Suharta. Sabda dan Medy pernah mengenyam pendidikan di Insitut Teknologi Bandung dengan Sabda pada jurusan Teknik Informatika dan Medy Suharta jurusan Teknik Elektro. Meski impian awal dari pendirian Zenius adalah menyediakan dokumentasi materi  dalam format digital yang akan disebarkan melalui website zenius.net, tetapi imp

Belajar Membuat Web dengan Freecodecamp (Pengenalan)

Hallo teman-teman jadi gini langsung aja ya gausah basa basi deh kita jujur-jujuran aja ya disini gausah ada yang ditutpin lagi ku sudah lelah.    Halah Ok jadi saya sekarang akan mulai menulis tentang topik yang lumayan bermanfaat nih dibandingkan topik-topik gajelas saya sebelumnya.saya akan membahas cara membuat web yang saya pelajarin dari freecodecamp. Tujuan Jadi tujuan dari penulisan ini adalah supaya saya gak lupa tentang materi-materi yang ada di freecodecamp ini,selain itu mungkin penulisan ini nantinya bisa berguna buat temen-temen yang mau belajar bikin web juga hehe :D Apa itu Freecodecamp? Nah...jadi kalo ada yang belum tahu frecodecamp yang dari tadi saya bilang itu apa,langsung aja cek webnya disini! Freecodecamp sendiri adalah sebuah web yang akan membantu kita kalo kita mau belajar membuat web,sejauh yang saya pelajarin web ini bagus dan mudah dimengerti terutama untuk orang awam yang belum terlalu familiar dengan coding . Metode Belajar Untuk metode

Apa Itu Research Gate?

Belum lama ini saya mendapatkan tugas dari dosen saya,tugasnya adalah meninjau lebih jauh tentang sebuah web,nama webnya adalah research gate,kalo yang mau lihat blognya bisa klik link ini  Research Gate . Setelah itu saya browsing lebih jauh mengenai research gate,apasih research gate itu? Dari beberapa sumber,saya menemukan bahwa research gate ini keren banget,karena di website ini peneliti dari penjuru dunia dapat mempublikasikan seputar penelitiannya dengan cara meng-uploadnya pada web ini.jadi di web ini kita bisa dapet jurnal-jurnal dan ilmu pengetahuan lainnya secara gratis. Research Gate ini juga menyediakan statistik mengenai jumlah paper kita yang didownload,web ini juga memfasilitasi usernya untuk terhubung dan berkolaborasi dengan user lain di bidang yang sama. Saya jadi penasaran tentang web ini,maka saya mencoba untuk join,berhubung join ke web ini  juga free.Jadi langkah pertama adalah kita bisa mendaftarkan diri dengan memasukan nama,alamat email dari kampus/