Pada post kali ini, saya akan memberikan sedikit tutorial mengenai pembuatan objek dan pemberian teksturnya dengan menggunakan Blender sebagai game engine. Langsung saja kita ke tutorial.
1. Pertama-tama, buka program Blender. Dengan menggunakan mesh Cube yang ada, kita akan membuat sebuah asbak dengan tekstur kayu.
Hapus cube pada gambar dengan menekan tombol Delete. Kemudian, buatlah sebuah UV Sphere dengan cara Shift+A lalu arahkan pada Mesh dan arahkan pada UV Sphere.
2. Masuk pada Edit Mode, pilih mode Wireframe, lalu select all, kemudian pada menu View pilih Front. Kemudian, masuk menu View lalu pilih View Persp/Ortho.
3. Kemudian tekan A sekali lagi untuk menghilangkan select pada object. Kemudian, tekan B lalu select sebagian atas dari UV Sphere. Tekan Delete, dan pilih Veritces hingga menjadi seperti ini:
4. Kemudian, tekan B dan select sebagian bawah dari UV Sphere. Setelah itu, tekan Scale button yang ada dikiri untuk scaling atau S pada keyboard. Tekan Z untuk scaling sesuai dengan sumbu Z. Scale UV Sphere hingga menjadi seperti ini:
5. Pada panah biru, lakukan penarikan kebawah, Kemudian, tekan E untuk extrude. Geser kebawah lalu tekan Enter. Setelah itu, tekan S untuk scaling. Kecilkan diameter permukaan bawah objek UV Sphere hingga menjadi seperti ini:
6. Kemudian, pilih menu Select dan pilih Random. Kemudian, tekan S untuk scaling. Scale permukaan yang terpilih menjadi lebih kecil.
7.Masuk pada object Mode kembali dan pilih View Port Solid, lalu pilih Shading Smooth. Objek UV Sphere kini menjadi seperti ini:
8. Masuk pada menu Modifier, tambahkan Modifier Solidify isi pada Thicknse dengan 0.15 serta Subdivision Surface atur Subdivisions View yang ada dibawah dengan nilai 2. Sekarang, objek sudah memiliki sebuah volume seperti ini:
9. Tekan Shift+S lalu pilih Cursor to Selected. Tekan Shift+A lalu buat sebuah Plane. Lalu scale hingga terlihat seperti ada lantai dibawah sebuah objek UV Sphere.
10. Masuk mode Cycles Render lalu pilih Material. Kemudian klik Add Nodes. Pilih mode Diffuse BSDF, lalu ganti Color dengan warna oranye.
11. Zoom Out object kemudian Geser lampu ke atas UV Sphere dengan cara menggeser objek lampu dengan cara mengklik objek lampu, pilih menu View lalu klik Front. Tekan G lalu tekan X lalu geser keatas UV. Lalu pilih menu View dan pilih Right. Tekan G lalu Y dan geser lampu ke depan UV Sphere. Lalu, ganti size lampu menjadi 3. Lalu, klik Add Nodes. Pilih Emission dan atur Strenght menjadi 3000.
12. Kemudian masuk kedalam Composting pada Scrren Layout disebelah kiri, Select object, lalu pilih Material. Pada material color, pilih Image Texture lalu pilih gambar yang akan kita jadikan texture pada object. Misalnya kita ingin menggunakan tekstu kayu dari sebuah pohon.
13. Kemudian masuk kedalam edit mode dan deselct semua vertecs yang terselect dengan menekan tombol A. Kemudian tekan Tombol A lagii untuk menselect semua vertecs. Kemudian pada Mesh, pilih UV Unwrap dan pilih lagi Unwrap kemudian pada sebelah kiri terdapat gambar yang tadi sudah kita pilih, gunakan gambar tersebut.
14. Pada bagian bawah yaitu method to display pilih Texture. Jika kita zoom pada object, akan terlihat bahwa object sudah terbungkus oleh teksture. Pada gambar bisa dipilih sesuai teksture yng diinginkan dengan menggeser hasil unwrap dengan Tombol G. Kembali ke object mode dan coba rendering dengen mengganti tipe display menjadi Rendered.
15. Buat Texture menjadi dalam dengan klik pada node tree type. Sambungkan Color dengan Dispatcment.
16. Maka teksture akan menjadi lebih dalam.
17. Kemudian Render object tersebut dengan klik pada Render Button yang ada disebelah kanan, berbentuk kamera. Lalu save hasil render tersebut dengan menekan F3, dan pilih nama dan tempat penyimpanannya.
Komentar
Posting Komentar