Langsung ke konten utama

Membuat Gelas betekstur dengan Game Engine Blender

Pada post kali ini, saya akan memberikan sedikit tutorial mengenai pembuatan objek dan pemberian teksturnya dengan menggunakan Blender sebagai game engine. Langsung saja kita ke tutorial.

1. Pertama-tama, buka program Blender. Dengan menggunakan mesh Cube yang ada, kita akan membuat sebuah asbak dengan tekstur kayu.


Hapus cube pada gambar dengan menekan tombol Delete. Kemudian, buatlah sebuah UV Sphere dengan cara Shift+A lalu arahkan pada Mesh dan arahkan pada UV Sphere.


2. Masuk pada Edit Mode, pilih mode Wireframe, lalu select all, kemudian pada menu View pilih Front. Kemudian, masuk menu View lalu pilih View Persp/Ortho.


3. Kemudian tekan A sekali lagi untuk menghilangkan select pada object. Kemudian, tekan B lalu select sebagian atas dari UV Sphere. Tekan Delete, dan pilih Veritces hingga menjadi seperti ini:


4. Kemudian, tekan B dan select sebagian bawah dari UV Sphere. Setelah itu, tekan Scale button  yang ada dikiri untuk scaling atau S pada keyboard. Tekan Z untuk scaling sesuai dengan sumbu Z. Scale UV Sphere hingga menjadi seperti ini:


5. Pada panah biru, lakukan penarikan kebawah, Kemudian, tekan E untuk extrude. Geser kebawah lalu tekan Enter. Setelah itu, tekan S untuk scaling. Kecilkan diameter permukaan bawah objek UV Sphere hingga menjadi seperti ini:


6. Kemudian, pilih menu Select dan pilih Random. Kemudian, tekan S untuk scaling. Scale permukaan yang terpilih menjadi lebih kecil.


7.Masuk pada object Mode kembali dan pilih View Port Solid, lalu pilih Shading Smooth. Objek UV Sphere kini menjadi seperti ini:


8. Masuk pada menu Modifier, tambahkan Modifier Solidify isi pada Thicknse dengan 0.15 serta Subdivision Surface atur Subdivisions View yang ada dibawah dengan nilai 2. Sekarang, objek sudah memiliki sebuah volume seperti ini:


9. Tekan Shift+S lalu pilih Cursor to Selected. Tekan Shift+A lalu buat sebuah Plane. Lalu scale hingga terlihat seperti ada lantai dibawah sebuah objek UV Sphere.


10. Masuk mode Cycles Render lalu pilih Material. Kemudian klik Add Nodes. Pilih mode Diffuse BSDF, lalu ganti Color dengan warna oranye.


11. Zoom Out object kemudian Geser lampu ke atas UV Sphere dengan cara menggeser objek lampu dengan cara mengklik objek lampu, pilih menu View lalu klik Front. Tekan G lalu tekan X lalu geser keatas UV. Lalu pilih menu View dan pilih Right. Tekan G lalu Y dan geser lampu ke depan UV Sphere. Lalu, ganti size lampu menjadi 3. Lalu, klik Add Nodes. Pilih Emission dan atur Strenght menjadi 3000.


12. Kemudian masuk kedalam Composting pada Scrren Layout disebelah kiri, Select object, lalu pilih Material. Pada material color, pilih Image Texture lalu pilih gambar yang akan kita jadikan texture pada object. Misalnya kita ingin menggunakan tekstu kayu dari sebuah pohon.




13. Kemudian masuk kedalam edit mode dan deselct semua vertecs yang terselect dengan menekan tombol A. Kemudian tekan Tombol A lagii untuk menselect semua vertecs. Kemudian pada Mesh, pilih UV Unwrap dan pilih lagi Unwrap kemudian pada sebelah kiri terdapat gambar yang tadi sudah kita pilih, gunakan gambar tersebut.




14. Pada bagian bawah yaitu method to display pilih Texture. Jika kita zoom pada object, akan terlihat bahwa object sudah terbungkus oleh teksture. Pada gambar bisa dipilih sesuai teksture yng diinginkan dengan menggeser hasil unwrap dengan Tombol G. Kembali ke object mode dan coba rendering dengen mengganti tipe display menjadi Rendered.




15. Buat Texture menjadi dalam dengan klik pada node tree type. Sambungkan Color dengan Dispatcment.


16. Maka teksture akan menjadi lebih dalam.


17. Kemudian Render object tersebut dengan klik pada Render Button yang ada disebelah kanan, berbentuk kamera. Lalu save hasil render tersebut dengan menekan F3, dan pilih nama dan tempat penyimpanannya.






Komentar

Postingan populer dari blog ini

Membuat Game 'Flappy Bird' dengan Unity

Pada Mata Kuliah Pengenalan Teknologi dan New Media ini saya beserta kelompok saya membuat sebuah game dengan aplikasi Unity.Mungkin para pembaca masih belum tahu aplikasi seperti apakah unity itu.Nah kira-kira seperti inilah gambaran dari tampilan unity,unity adalah aplikasi game development tool high-end yang mendukung GUI.Tidak ada konflik pada alur kerja, adanya fitur top-of-the-line untuk grafik yang diperluas, efek partikel yang menakjubkan, scripting yang dioptimalkan, dukungan Ageia physX Engine, karakter animasi dan ragdolls, dan kelebihan untuk membuat standalone game untuk Mac dan Windows Nah pada kesempatan ini saya dan tim mebuat game yang sempat populer,mungkin pembaca disini pernah memainkannya atau bahkan kecanduan dengan game ini,game tersebut adalah 'Flappy Bird'.Namun karena saya yang tidak terlalu mahir dalam bermain game ini dan selalu kalah,sulit sekali untuk mengumpulkan score,maka game inipun saya beri nama dengan game 'Impossible Bird'haha

Zenius, Situs Belajar Online Favorite Pelajar

Zenius merupakan start up dibidang pendidikan yang menyediakan platfrom e-learning. Zenius menghadirkan suatu trobosan baru bagi pelajar Indonesia dengan pembelajaran secara konsep dan menyenangkan berbasis multimedia. Situs belajar online ini namanya sudah tidak asing lagi ditelinga para pelajar Indonesia. Keanggotaan zenius dapat diperoleh dari pendaftaran pada situs zenius.net, terbagi menjadi dua yaitu anggota reguler dan anggota premium, dimana anggota premium dapat secara leluasa mengeksplor video-video yang ada di situs tersebut. 1. Sejarah Terbentuknya PT Zenius Education Zenius mulai berdiri pada tahun 2004 yang didirikan oleh Sabda dan Medy Suharta. Sabda dan Medy pernah mengenyam pendidikan di Insitut Teknologi Bandung dengan Sabda pada jurusan Teknik Informatika dan Medy Suharta jurusan Teknik Elektro. Meski impian awal dari pendirian Zenius adalah menyediakan dokumentasi materi  dalam format digital yang akan disebarkan melalui website zenius.net, tetapi imp

Belajar Membuat Web dengan Freecodecamp (Pengenalan)

Hallo teman-teman jadi gini langsung aja ya gausah basa basi deh kita jujur-jujuran aja ya disini gausah ada yang ditutpin lagi ku sudah lelah.    Halah Ok jadi saya sekarang akan mulai menulis tentang topik yang lumayan bermanfaat nih dibandingkan topik-topik gajelas saya sebelumnya.saya akan membahas cara membuat web yang saya pelajarin dari freecodecamp. Tujuan Jadi tujuan dari penulisan ini adalah supaya saya gak lupa tentang materi-materi yang ada di freecodecamp ini,selain itu mungkin penulisan ini nantinya bisa berguna buat temen-temen yang mau belajar bikin web juga hehe :D Apa itu Freecodecamp? Nah...jadi kalo ada yang belum tahu frecodecamp yang dari tadi saya bilang itu apa,langsung aja cek webnya disini! Freecodecamp sendiri adalah sebuah web yang akan membantu kita kalo kita mau belajar membuat web,sejauh yang saya pelajarin web ini bagus dan mudah dimengerti terutama untuk orang awam yang belum terlalu familiar dengan coding . Metode Belajar Untuk metode

Apa Itu Research Gate?

Belum lama ini saya mendapatkan tugas dari dosen saya,tugasnya adalah meninjau lebih jauh tentang sebuah web,nama webnya adalah research gate,kalo yang mau lihat blognya bisa klik link ini  Research Gate . Setelah itu saya browsing lebih jauh mengenai research gate,apasih research gate itu? Dari beberapa sumber,saya menemukan bahwa research gate ini keren banget,karena di website ini peneliti dari penjuru dunia dapat mempublikasikan seputar penelitiannya dengan cara meng-uploadnya pada web ini.jadi di web ini kita bisa dapet jurnal-jurnal dan ilmu pengetahuan lainnya secara gratis. Research Gate ini juga menyediakan statistik mengenai jumlah paper kita yang didownload,web ini juga memfasilitasi usernya untuk terhubung dan berkolaborasi dengan user lain di bidang yang sama. Saya jadi penasaran tentang web ini,maka saya mencoba untuk join,berhubung join ke web ini  juga free.Jadi langkah pertama adalah kita bisa mendaftarkan diri dengan memasukan nama,alamat email dari kampus/